Good things happen when you narrow your focus
Welcome to Conference

Write us on info@evently.com

Follow Us

Image Alt

UMKM BI Malang

Buka Kembali Keran Ekonomi, Bank Indonesia Malang Gelar Pameran Karya Kreatif Indonesia KKI 2021

Buka Kembali Keran Ekonomi, Bank Indonesia Malang Gelar Pameran Karya Kreatif Indonesia KKI 2021

SURYAMALANG.COM | MALANG – Upaya pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional ditangkap oleh Bank Indonesia Malang dengan menggelar Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri I Tahun 2021 di Hotel Santika, Rabu (24/3/2021).

Acara tersebut diikuti oleh 18 UKM dan UMKM yang memamerkan beragam produk seperti batik, kriya, kopi, makanan hingga aksesoris.

Kepala Kantor Perwakilan BI Malang, Azka, Subhan mengatakan bahwa KKI merupakan bentuk dukungan dan upaya BI dalam menyukseskan Instruksi Presiden atas Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI). 

Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong belanja produk UMKM lokal yang didukung pula oleh 15 Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah di Indonesia. 

Tema KKI untuk tahun 2021 ini yaitu ‘Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata’.

“Intinya ini ada tiga kata, yakni pemulihan ekonomi daerah. Caranya gimana, ya harus pelan-pelan ekonomi dibuka melalu protokol kesehatan ketat,” ucapnya.

Pelaksanaan KKI pada tahun 2021 ini diselenggarakan secara bertahap, mulai dari seri I,II dan III. 

Seri berikutnya akan diselenggarakan pada bulan Juni dan Agustus 2021. 

Azka mengatakan, di era pandemi ini, sinergitas antar lembaga merupakan hal yang penting dalam upaya pemulihan ekonomi daerah dan nasional.

Khususnya dalam pengembangan sektor UMKM yang memiliki andil cukup besar terhadap perekonomian Indonesia. 

“Secara pelan-pelan, kran ekonomi kita harus mulai bangkit dengan protokol kesehatan ketat. Dengan begitu, akan ada dampak terhadap ekonomi, mulai dari UMKM, MC, penari, band, dan dekorasi seperti kegiatan hari ini,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji memberikan apresiasi terhadap Bank Indonesia Malang karena menggelar kegiatan yang dapat mengangkat UMKM.

Hal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Malang saat ini yang fokus untuk mengangkat sektor ekonomi kreatif dalam rangka pemulihan ekonomi.

“Sesuai dengan komitmen kami, di tahun 2021-2022, kita sektor ekonomi kreatif akan kita angkat. Terlebih pemulihan ekonomi ini harapannya nanti adalah penguatan UMKM,” ucapnya.

Melalui KKI 2021 ini pula, Sutiaji mengapresiasinya melalui tagline, mencintai produk Indonesia, agar nantinya produk lokal dapat bersaing dan masuk ke dalam pasar global.

“BI pun sudah punya cara juga dan bersama Diskopindag, terus kita kurasi UMKM kita dan itu kita naikan terus. Ini yang menjadi kekuatan kita semua, termasuk yang kami apresiasi ketika ini sudah dilakukan kegiatan ini kan semua bisa berdaya,” ucapnya.

Pada tahun 2021 ini, rencananya Pemkot Malang bakal menggelar kegiatan pameran bagi para IKM dan UMKM.

Kegiatan tersebut bakal digelar dalam memperingati HUT Kota Malang ke-107.

“Termasuk kami terus memberikan pelatihan, Jadi kita kan mulai kemarin memberikan edukasi dan literasi ya. Caranya upload produk, caranya ngeshare ke market place dan lain sebagainya,” tandasnya.

Sumber : https://suryamalang.tribunnews.com/2021/03/24/buka-kembali-keran-ekonomi-bank-indonesia-malang-gelar-pameran-karya-kreatif-indonesia-kki-2021?page=2