Good things happen when you narrow your focus
Welcome to Conference

Write us on info@evently.com

Follow Us

Image Alt

UMKM BI Malang

Dorong Belanja Produk Lokal, BI Malang Gelar Karya Kreatif Indonesia 2021

Dorong Belanja Produk Lokal, BI Malang Gelar Karya Kreatif Indonesia 2021

Malang, NewMalangPos – Bank Indonesia (BI) Malang kembali menggelar Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang diikuti UMKM Malang Raya. Rabu (24/3) di Hotel Santika Premiere Malang, pameran produk UMKM secara terbatas ini diikuti oleh 18 pelaku usaha mulai dari batik, kopi, ecoprint dan kuliner.

Kepala Perwakilan BI Malang Azka Subhan Aminurridho mengatakan, KKI 2021 merupakan salah satu upaya untuk mendorong pemulihan ekonomi. Sekaligus bentuk dukungan dan upaya BI dalam menyukseskan Instruksi Presiden atas Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI).

“Kegiatan ini juga upaya kami dalam mendorong belanja produk UMKM lokal. Total UMKM yang terlibat dalam pameran KKI 2021 sebanyak 18 usaha dari Malang, Pasuruan dan Probolinggo,” ujar Azka.

KKI tahun 2021 ini mengusung Sinergi, Globalisasi dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata. Upaya mendorong globalisasi UMKM dilakukan melalui peningkatan daya saing produk UMKM melalui kurasi, talk show, business matching maupun kerja sama dengan investor. Sementara digitalisasi dilakukan melalui program onboarding serta perluasan penggunaan QRIS merchant/UMKM.

Rangkaian KKI akan dilangsungkan dalam tiga seri. Pertama pameran produk UMKM di Hotel Santika Premiere Malang pada 24 Maret 2021 sedangkan seri dua dan tiga rencana digelar pada Juni dan Agustus mendatang. Diharapkan event KKI ini dapat mendorong peningkatan kredit perbankan untuk penyaluran UMKM.

“Berdasarkan data penyaluran kredit UMKM bulan Februari 2021 di wilayah kerja KPw BI Malang mengalami peningkatan sebesar 5,64 persen, untuk mendorong penyaluran kredit perbankan ini diperlukan sinergi yang baik dari lembaga keuangan maupun UMKM,” terangnya.

Tak hanya pameran, pelaku UMKM juga akan mendapatkan pelatinan Capacity Building bertajuk Suistanable Fashion, Pentingnya Prospek Produk Halal di Indonesia serta sosialiasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Untuk kegiatan Business Matching KPw BI Malang akan bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Dekranasda, Malang Strudel, PT. BNI (Persero) KC Universitas Brawijaya Malang dan PT. BSI KCP Pasar Besar Kota Malang.

Sementara itu, Owner Andis Batik Druju Dianita Utami sangat bersyukur diajak pameran serta difasilitasi oelh BI Malang, melalui pameran ini ia dapat mengenalkan produknya lebih luas kepada masyarakat.

“Kami juga dapat mengenalkan produk kami baik dari segi motif, warna dan kualitas, produk kami ada batik cap dan tulis dengan keunggulan warna produk kami lebih terang,” terang Dian.

Produk Andis Batik Druju ini dipasarkan dengan harga mulai Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta untuk batik cap serta mulai Rp 1 juta sampai Rp 45 juta batik tulis. Keunggulan batik tulis di sini yakni satu kain satu motif sehingga lebih eksklusif.

“Produk kami pemasarannya masih di wilayah Indonesia. Harapan kami kedepan juga bisa ekspor,” tandasnya.

Selain Andis Batik Druju pengunjung juga dapat menjumpai produk lainnya dari Batik Anjani, Batik Antique, Batik Pandan Arum, Batik Bimbing, Batik Prabulinggih , Griya Madukara, Dinara Klompen, Eva Unique, Kopi Ledug, Kopi Sumadi, Kopi Margading, Kopi Amadanom, Gapoktan Mitra Arjuna Kota Batu, Andamel Mulyo, Sambal Mamani, Mangathat dan Beras Lumpang Berlian. (lin/ley)

Sumber : https://newmalangpos.id/dorong-belanja-produk-lokal-bi-malang-gelar-karya-kreatif-indonesia-2021