Good things happen when you narrow your focus
Welcome to Conference

Write us on info@evently.com

Follow Us

Image Alt

Tentang

Sambutan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh, Salam Sejahtera, Om Swastyastu, Namo Budaya dan Salam Kebajikan.

Selamat datang kami ucapkan kepada pengunjung Web Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 - UMKM Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang. Bank Indonesia mendukung kebijakan Pemerintah untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional, melalui sinergi kebijakan pemberdayaan UMKM, pengembangan pariwisata prioritas, dan pengembangan ekonomi syariah. Ketiga pilar strategi tersebut didukung oleh implementasi Sistem Pembayaran yang UNGGUL beserta akselerasi realisasi fiskal daerah.

Dalam implementasinya, strategi kebijakan diwujudkan dalam pelaksanaan Flagship program nasional yaitu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (G-BBI), Gerakan Nasinal Berwisata Indonesia (G-BWI), yang disinergikan dengan flagship Bank Indonesia salah satunya yaitu Karya Kreatif Indonesia (KKI).

Sinergi flagship diharapkan dapat mendukung tercapainya target 30 juta UMKM onboarding, 12 juta merchant QRIS, serta peningkatan transaksi penjualan UMKM, business matching antar pelaku usaha, pengunjung wisata nusantara, transaksi keuangan pemerintah (fiskal daerah), serta pelaku dan skala usaha halal value chain. Implementasi flagship ini didukung pula oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang salah satunya dengan menyenggarakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2021.

KKI merupakan event tahunan Bank Indonesia dan untuk  tahun 2021 kembali dilaksanakan melalui sinergi yang semakin kuat dengan berbagai program dengan kementerian/lembaga terkait sebagai bentuk dukungan nyata Bank Indonesia dalam G-BBI dan G-BWI. KKI 2021 merupakan salah satu implementasi peran Bank Indonesia sebagai Movement Manager G-BBI pada bulan Maret 2021.

KKI  tahun 2021 yang dilaksanakan secara hybrid (online dan offline) merupakan salah satu kontribusi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang dalam rangka mengembangkan UMKM dan industri kreatif di wilayah kerja. UMKM dan industri kreatif merupakan sektor yang sangat terdampak akibat adanya pandemi ini. Menurunnya daya beli masyarakat dan pembatasan sosial menyebabkan industri skala kecil yaitu UMKM mengalami banyak kesulitan. Kemampuan produksi usaha UMKM yang tidak diikuti oleh pembelian masyarakat menyebabkan hasil produksi tidak terjual. Dalam kondisi seperti saat ini, inovasi penjualan melalui online merupakan langkah inovatif untuk memasarkan hasil produksi UMKM tersebut.